Cara Memperbaiki Mengatasi Komputer Yang Sering Restart Sendiri - Tutorial -->

Cara Memperbaiki Mengatasi Komputer Yang Sering Restart Sendiri



Bila Kita membicarakan masalah tentang teknologi terutama mengenai Teknologi Komputer, tidak akan habis-habisnya dalam membahasnya, Baik masalah Hardware maupun Software penujangnya selalu mengalami perkembangann yang begitu pesat apalagi mengenai Trouble Shooting selalu ada saja permasalahan dan pembahasannya, namun kali ini Kita sedikit mengupas mengenai Trouble Shooting yaitu mengenai Masalah Komputer yang sering Restart sendiri atau Booting ulang sendiri, dan mungkin anda sendiri pernah mengalaminya.. ya...ya.. tentu saja hal ini sangat menjengkelkan apalagi pada saat Komputer Kita Restart Ulang pada saat yang bersamaan saat Kita sedang melakukan pekerjaan yang sangat penting dan pada saat itu Kita belum menyimpan Data yang telah  kita buat,  Namun sebelum Kita melakukan Langkah-langkah perbaikan tentang Masalah ini ada baiknya Kita cari tahu dulu penyebab Utama kenapa ? Komputer dapat melakukan Restart Ulang sendiri.

Beberapa penyebab Komputer sering restart Sendiri diantaranya

1. Komputer sering restart karena Processor Suhunya Yang Terlalu panas

Processor yang kepanasan / Terlalu panas (overheat) adalah salah satu penyebab utama komputer anda atau sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:
-- Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
-- Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur
    pada   bagian  Pendingin (Coolling Fan) Processor.
-- Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor

Terdapat beberapa penyebab mengapa Processor menjadi Kepanasan:

-- Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi
    terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
-- Kondisi kipas angin (fan) yang terdapat pada pendingin Processor yang sudah tidak optimal
    (misalnya Fungsinya yang tidak Optimal, macet karena debu)
-- Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang Suhunya terlalu panas. 
-- Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor
    dan Pendinginnya.

Untuk mengatasi komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ini kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:
-- Sangat di sarankan untuk menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas
    ( Ruangan AC ). Seandainya terpaksa harus menyimpan komputer di ruangan yang cukup  panas,
    maka sebaiknya lengkapi casing CPU dengan kipas angin tambahan.
-- Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor.
    Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kuas cat yang bersih dan vacum cleaner kecil.
-- Menggunakan thermal paste sebagai penghubung (penghantar panas) yang merekatkan bagian
    Processor dan Pendingin. Untuk thermal pasta yang sudah dalam keadaan kering sebaiknya diganti
    dengan thermal pasta yang baru.


2. Komputer sering restart karena VGA Card telah rusak (error)

       Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

3.  Power Supply yang kekurangan daya

     Penyebab kedua komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang berfungsi memberikan daya pada CPU. Hal ini bisa terjadi misalnya karena macetnya atau matinya Kipas angin (Colling fan) yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan komputer sekarang, sebaiknya pakailah sebuah Power Supply dengan daya minimal 530 Watt.


4. Komputer sering restart karena RAM rusak

     RAM (random access memory) yang mengalami kerusakan (error) juga dapat menyebabkan komputer sering restart, dengan tanda-tanda diantaranya komputer selalu restart ketika dinyalakan meskipun pada komponen lain pada Hardware telah diperiksa/di cek dalam keadaan baik/bagus dan memang tidak bermasalah (error) tetapi komputer tetap tidak bisa melakukan booting dan selalu restart meskipun dibuka melalui windows safe mode. apabila terjadi permasalahan seperti ini saya sarankan hendaknya Kita mengganti RAM yang terpasang dengan RAM pengganti yang lain karena hal ini merupakan tanda terjadinya kerusakan pada RAM yang kita pakai.

 5. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector

    Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer yang tidak dapat booting dan melakukan restart terus. Untuk mencegah kerusakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk,yang dapat melakukan defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown. namun apabila Kita ingin melakukan perbaikan pada Harddisk yang mengalami kerusakan BAD SECTOR dengan Kondisi ini dapat Kita mencoba dengan Software Partisi Hard disk yaitu dengan memotong Area yang Bad Sector / Rusak.

Demikianlah sedikit sharing dari Saya, Semoga bermanfaat...........

6 Responses to "Cara Memperbaiki Mengatasi Komputer Yang Sering Restart Sendiri"

  1. seringkali kita memang ga ngeh dengan contoh kasus diatas.. sering restart anggapannya bahwa komputer rusak aja, trus bawa ke tukang services,, beres deh masalah.. padahal kalo kita mau bersusah susah sedikit.. ga bakal ngeluarin duit lebih untuk service..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Gan, memang terkadang Kita sering lalai dengan sesuatu hal atau kurang keinginan untuk mencoba dan sering termanjakan dengan sesuatu yang instan-instan saja namun sebenarnya apabila kita lebih kuat untuk mencoba sesuatu yang baru dengan mengali potensi diri kita, sebenarnya kita dapat dan mampu untuk melakukannya baik dalam segala hal,,,,, thanks Gan untuk kunjungannya......

      Hapus

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan di tengah artikel

Iklan Bawah Artikel