Sunday, August 5, 2012

Cara Transfer Sharing Share File (data) Melalui Wi-Fi (WIFI) Hotspot

Memang banyak cara yang dapat dilakukan untuk
dapat berbagi file melalui komputer atau laptop diantaranya dengan menggunakan Media flashdisk dan juga dengan Media Harddisk external Namun apabila Media tersebut tidak tersedia.  Kita masih dapat menggunakan melalui kabel LAN, Bluetooth, koneksi wireless ad hoc, dan masih banyak cara lain sesuai ketersediaan, dalam membicarakan Sistem Share kali ini akan membahas sedikit cara mengenai Sistem share dengan mengunakan Wi-Fi /Hotspot Zone, ada beberapa kelebihan apabila Kita berbagi File melalui WiFi /Hotspot Zone, kita tidak terlalu disibukan dengan Setting untuk mengkoneksikannya Seperti Setting IP, Pairing dan lain-lain karena setting yang diperlukan hanya dengan cara sederhana saja yaitu Kita hanya memerlukan Setting untuk Folder Sharing saja.

dan sebagai  di contohkan kali ini dalam berbagi File dengan Teman Kita  jika di ibaratkan berbagi File antara Kedua Laptop/PC yaitu Laptop/PC 1 dengan  Laptop/PC 2  ( Pada OS Windows 7 ) sedangkan fungsi pada Laptop/PC 1 akan berbagi File sedangkan Laptop/PC 2 yang akan mengambil File. yang telah terhubung ke hotspot (hotspot pada Area yang sama)


- Pertama-tama Silahkan Anda tentukan folder yang akan dibagi / Share ( Laptop/PC 1)
   Klik kanan pada folder yang akan di share folder "Games" tersebut, kemudian pilih Properties

- Kemudian pada Tab Sharing, Dapat Anda klik Advanced Sharing


- Silahkan Beri Tanda Centang pada Share this folder, Lalu klik Apply / klik OK



- Untuk langkah yang selanjutnya, Silahkan Anda matikan Windows Firewall / non aktifkan, ( Yaitu
   masuk ke Control Panel, Lalu pilih Windows firewall, non aktifkan Windows firewall )



- Kemudian agar Laptop/PC 2  dapat mengambil file dari Laptop/PC 1  maka Kita harus mengketahui IP
  address dari Laptop/PC 1 . dengan cara sebagai berikut:
    -- Silahkan Anda buka Command Prompt , dari menu Run ( Logo Windows +R) ketikkan CMD,
        klik   OK

- Apabila telah muncul jendela Command Prompt, Anda dapat mengetikkan ipconfig Lalu tekan Enter



   Dan dapat terlihat hasil Ip addressnya adalah  55.41.23.44.253


- Dan langkah terakhir yang Kita lakukan yaitu mengakses file atau folder  dari Laptop/PC 2
  Dari Laptop/PC 2 masuk ke menu RUN (tekan Logo windows + R)
  Lalu Silahklan diketikkan tanda backslash 2x (\\) disambung dengan IP Laptop/PC 1 tadi
  \\55.41.23.44.253  Kemudian Klik , OK



Setelah itu akan muncul Folder yang di Share dari Laptop/PC 1




Kemudian Silahkan Anda buka Folder menandakan kita telah berhasil melakukan copy paste dari Folder yang di share dari Laptop/PC 1 ke  Laptop/PC 2 melalui penghubung Wi-Fi / Hotspot Zone.


Demikian  Sedikit sharing dari saya......Semoga bermanfaat... selamat mencoba..........

13 comments:

  1. mas agan!!
    laptop saya sebelumnya di setting untuk bisa menerima sharing dari laptop lain, nah ketika saya bawa pulang laptop saya gak connect dari sinyal wifi dari telkom...
    pertanyaan saya gimana cara setting agar normal kembali..
    mungkin lewat control panel tapi gak tau cara mengaturnya..
    mohon pencerahannya gan...

    trima kasih sebelumnya....!!

    ReplyDelete
  2. apabila sebelumnya laptop agan telah menerima sharing dari laptop lain melalui wifi pada hotspot di tempat agan melakukan sharing sebelumnya, maka agan harus menghapus 'ip' yang telah agan ubah pada saat menerima sharing data pd laptop lain. dengan cara menghapus cache atau history pada menu Run. langkahnya adalah: buka registry editor yaitu pd tombol keyboard tekan logo windows + R secara bersamaan setelah tampil menu Run silahkan diketik regedit lalu pd jendela editor silahkan cari HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\ RunMRU setelah itu hapus beberapa key dengan menekan tombol delete kemudian restart komputer agan.....

    ReplyDelete
  3. Mas...saya mau sharing datanya dari Windows 7 ke XP... sdah berhasil...problemnya ketika mau ambil data dari Windows 7 minta password.. nah saya LUpa posswordnya yg di windows 7 itu... gmna cara supaya tetap bisa ambil data dr windows 7 ke XP nya..
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya sebelum Agan melakukan sharing Data pada windows7 hendaknya melakukan Setting pada Change Advanced Sharing Setting dengan cara Klik -> Control Panel ->Network and Internet -> change Advance Sharing kemudian silahkan Ubah settingan agar mengijinkan komputer lain untuk mengakses Komputer windows7, sehingga tidak lagi mengakses menggunakan Password. dengan cara pada file and printer sharing ->pilih Turn On file printer Sharing dan pilih juga pada public folder Sharing-> pilih Turn On Sharing So Anyone with network Access can read and write files in the publik folder kemudian silahkan Agan Klik Save change... selesai... lalu lakukan transfer Data kembali dengan seizin pemilik Data yang akan ditransfer tentunya..... semoga berhasil...

      Delete
  4. gan,,, waktu saya masukkan code ip address,
    di minta user name & password! gmana solusinya. thanks

    ReplyDelete
  5. Taz jily@ sama-sana Gan

    Hezky W @ Silahkan Agan ikuti penjelasan Ane pada Kotak komentar diatas pada TGL. 21 februari 2013 jam.14.48 selamat mencoba..

    ReplyDelete
  6. Gan klu share nya lebih dari 1 laptop gimana cara nya misalkan untuk 3 laptop gitu? thanks

    ReplyDelete
  7. moses eduwardo pemblap @ biasanya klo melalui cmd harus satu or dua komputer aja, karena target transfernya melaui ip komputer biasanya klo 3 pc jadi bentrok system Gan, kecuali melalui progam windows atau software tambahan khusus utk trasfer data silahkan aja browsing di mbah google banyak software utk transfer data melalui wifi yg gretongan... silahkan download aja... namun bila teman2 lain yang ingin menambahkan berbagi pengalamannya silahkan menambahkan.... silahken utk komment,, please...

    ReplyDelete
  8. gan udah di setting kayak agan tapi terakhir diminta masukin password>>..gimana gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca komentar pada ---> April 19, 2014 at 9:28 PM<--- silahkan tekan tombol f3 pada keyboard kemudian dicopas pada kolom x Find tanggal tadi, tanpa tanda panah lalu tekan previous 2x.
      semoga berhasil gan....

      Delete
  9. mau tanya..gimana solusix gan, file yang dishare gk sa di copi paste..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw jenis Filenya apaan Gan, berekstantion apa... ?

      Delete